loading...
Direktori Belajar Ilmu -
1. | PENGHAYATAN DAN PENGAMALAN PANCASILA | |
a. | Mengadakan penataran calon fasilitator dan penyegaran fasilitator. | |
b. | Keluarga yang memiliki jiwa, sikap dan tingkah laku berdasarkan Pancasila yang diterapkan dan terecermin dalam kehidupan sehari-hari. | |
c. | Sikap keluarga harus memiliki kesadaran, ketaatan dan keyakinan terhadap Tuhan yang Maha Eaa dengan tetap menyadari pentingnya kerukunan kehidupan antar umat beragama. | |
d. | Mengutamakan kepentingan Nasional diatas kepentingan pribadi. | |
2. | GOTONG ROYONG | |
a. | Menumbuhkan kelompok-kelompok gotong royong (kelompok kerohanian, arisan,rukun kematian,kesenian/olahraga dll) dengan mengikut sertakan generasi muda. | |
b. | Penyuluhan dan peningkatan pembinaan terhadap kelompok-kelompok gotong royong yang sudah ada di masyarakat terutama tentang pengelolaan kelompok agar manfaatnya dirasakan langsung oleh masyarakat | |
c. | Mengembangkan, memupuk dan membina gotong-royong, sebagai warisan nenek moyang kita yang telah turun-temurun dan merupakan hal/kegiatan yang tetap positip dan efektif. Harus tercermin dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. | |
3. | P A N G A N | |
a. | Memberikan pengertian ,pengetahuan ketrampilan dan memperkenalkan makanan yang bermutu dan bergizi terutama yang terdapat di daerah setempat. | |
b. | Memberikan pengertian, pengetahuan dan ketrampilan tentang pemanfaatan pekarangan untuk tanaman pangan, tanaman hias, apotik hidup, ternak, perikanan dll | |
c. | Menumbuhkan kebun-kebun kolektif secara kontinyu oleh Tim Penggerak PKK desa. | |
d. | Penyediaan benih untuk tanaman berikutnya. | |
e. | Kesadaran akan pentingnya makanan sehari-hari yang sehat, murah dan bergizi. Memanfaatkan halaman dan pekarangan secara berdaya dan berhasil guna untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. | |
4. | S A N D A N G | |
a. | Memberikan pengertian dan penyuIuhan tentang cara mencukupi / memilih kebutuhan sandang yang memenuhi syarat kesehatan, kesopanan dan kepribadian sesuai dengan kemampuan. | |
b. | Pembinaan tenun tradisional. | |
c. | Mengerti tentang fungsi, cara berpakaian, merawat dan membuatnya sesuai dengan kepribadian, usia, situasi dan kemampuan keluarga. | |
5. | PERUMAHAN DAN TATA LAKSANA RUMAH - TANGGA | |
a. | Penyuluhan dan penerangan tentang perlunya rumah yang sehat (jendela yang cukup, tidak lembab dli) | |
b. | Sekat tiap ruangan. | |
c. | Ternak supaya dikandangkan dan terpisah dari rumah. | |
d. | Penyediaan tempat sampah. | |
e. | Kolam minuman berjarak minimal 10 meter dari WC. | |
f. | Mengusahakan perumahan yang selalu sehat, dan teratur lingkungannya, untuk meningkatkan mutu hidup. | |
6. | PENDIDIKAN DAN KETRAMPILAN | |
a. | Menumbuhkan kelompok belajar (kejar paket 1-10/11—20). | |
b. | Membentuk kader PKK. | |
c. | Membentuk kader keterampilan khusus seperti jahit menjahit dll. | |
d. | Membentuk kelompok Dasa Wisma (10 rumah tangga diantaranya terdapat 1 kader). | |
e. | Tiap keluarga harus mengerti arti anak dalam keluarga, kewajiban orang tua terhadap anak, cara mendidik, merawat dan membimbing anak. Pendidikan budi pekerti, agama dam persiapan anak untuk mendapat pendidikan dasar. Bagi ibu-ibu diperlukan peningkatan pengetahuan umum, pengetahuan khusus dan ketrampiIan yang diperlukan dalam membina keluarga sejahtera. | |
7. | K E S E H A TA N | |
a. | Penyuluhan tentang pentingnya arti hidup sehat, contoh : menggerakkan partisipasi masyarakat dalam penurunan angka kematian bayi dengan membentuk posyandu-posyandu. | |
b. | Meningkatkan Pemeliharaan kebersihan lingkungan (halaman, parit, comberan dan lain-lain ). | |
c. | Mencegah penyakit menular. | |
d. | Menanamkan pengertian tentang pentingnya norma keluarga kecil bahagia dan sejahtera melalui Keluarga Berencana ( KB ). | |
e. | Keluarga harus menghayati arti sehat, tahu memelihara kesehatan pribadi, keluarga dan lingkungannya. | |
8. | PENGEMBANGAN KEHIDUPAN BERKOPERASI | |
a. | Meningkatkan kesadaran berkoperasi dengan meningkatkan peranan wanita dibidang Koperasi. | |
b. | Membutuhkan kegiatan/usaha bersama berazaskan kekeluargaan dan gotong royong menuju terciptanya koperasi | |
d. | Motivasi agar rnenjadi anggota KUD. | |
e. | Koperasi merupakan dasar daripada demokrasi ekonomi dan merupakan wadah untuk mewujudkan perekonomian rakyat kesadaran kehidupan berkoperasi perlu ditimbulkan dan dikembangkan Sejak anak-anak dalam lingkungan keluarga. | |
9. | KELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP | |
a. | Memberikan penyuluhan tentang pentingnya kelestarian iingkungan hidup. | |
b. | Pembuatan pagar hidup. | |
c. | Penanaman puring/tanainan hias dengan jarak 25 meter di sepanjang jalan. | |
d. | Mencegah perladangan liar. | |
e. | Dapat membentuk keserasian dan ketentraman kehidupan keluarga, bertetangga, dan bermasyarakat. Tiap keluarga perlu ditanamkan pengertian dan kesadaran mengenai pentingnya kelestarian lingkungan hidup melalui cara-cara penggunaan air,dengan baik penghematan bahan bakar dan perlindungan terhadap satwa. | |
10. | PERENCANAAN SEHAT | |
a. | Penyuluhan tentang keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran, mengatur kehidupan berkeluarga, menanamkan kebiasaan menabung dan hidup hemat | |
b. | Tiap keluarga harus dapat mengatur keperluan dengan keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran, kebutuhan rumah tangga, mengadakan pembagian tugas antar keluarga. |
Ketua Tim PKK Desa Kampung Kelapa
ROSMAULINA SINURAT
Tidak ada komentar: Program Kerja PKK
Posting Komentar