penyakit kurap atau kadas dan cara mengobatinya

Tidak ada komentar
loading...
Direktori Belajar Ilmu -

Kurap Atau Kadas

Penyebab dari penyakit kurap ata kadas adalah trchophytoon rubrum, trichopiton mentagrophytes, microsporum canis, microsporum gypseum, trichopyton concentrium, epidermophyton floccosum. Kulit yang terinfeksi jamur berbentuk lingkaran, berbatas tegas dengan tepi kemerahan disertai vesikel-vesikel kecil dan bersisik. Keluhan utama yang dirasakan adalah gatal di waktu panas dan keringat. Id reaction dapat dijumpai pada telapak atau sela-sela jari tangan atau kaki. Diagnosis dari penyakit kurap ata kadas ini adalah pemeriksaan lansung dengan larutan KOH 10-205. Tampak hifa bersekat dan bercabang. Biakan pada modium agar Sobaraud ditambah antibiotika disimpan pada suhu kamar. Terapi pengobatan kurap yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kurap atauu kadas ini adalah pengobatan lokal salep yang bersifat fungistatuk dan keratolotik. Sedangkan sistemiknya adalah Griseofluvin, derivate imidazol.

Penyakit kurap atau kadas adalah ruam yang melingkar dengan batas berwarna merah dan disebabkan oleh jamur. Bila dibandingkan dengan impetigo, kurap atau kadas tidak terlalu menular, Tutupi area yang terserang dengan obat atau krim poles antijamur yang dijual dimana saja (atau krim dengan resep dokter bila perlu).  Diperlukan beberapa hari untuk krim anti jamur menimbulkan efek baiknya pada penyakit kurap tersebut. Selama waktu tersebut, sering digunakan juga salep atau krim kortikosteroid yang dapat meringankan gatal-gatal dan nyeri pada kurap.  Untuk bagian kurap atau kadas yang membandel dan lebih serius juga dapat dilakukan dengan pemberian griseofluvin yang kadang disertai dengan krim anti-fungi. Griseofluvin per-oral (ditelan) sangat efektif, tetapi juga bisa menimbulkan efek samping yang berupa sakit pada kepala, gangguan masalah pencernaan, peka terhadap cahay, ruam-ruam, pembengkakan dan penurunan jumlah sel darah putih. Namun jika pemakaian dihentikan, infeksi akan terjadi kembali. Daerah yang terinfeksi haru sering dicuci dengan sabun dan air, lalu setelah itu ditaburi dengan bedak. Hindari pemakaian bedak yang mengandung tepung jagung karena bisa merangsang pertumbuhan jamur untuk hidup. Menjaga agar daerah yang terinfeksi tetap kering dan bersih akan membantu mencegah pertumbuhan jamur secara kontinu dan mempercepat penyembuhan kulit.
Beberapa tanaman obat yang dapat mengatasi masalah kurap atau kadas adalah :
Lengkuas
Bahan : Lengkuas 1 ruas, bubuk belerang
Cara membuatnya : potong salah satu ujung lengkuas, dan bubuhkan sedikit belerang, kemudian oleskan pada bagian kurap atau kadas, lakukan 1-2 kali sehari.
Daun tembakau
Bahan : Daun tembakau secukupnya
Cara membuatnya adalah : Tumbuk halus daun tembakau, dan oleskan pada kadas Anda. Lakukanlah 1-2 kali sehari.
Daun jinten
Bahan: daun jinten 5 lembar, bawang putih 3 butir, minyak kelapa secukupnya.
Cara membuatnya adalah : Tumbuk jhalus daun jinten dan bawang putih. Tambahkan sedikit minyak kepala dan oleskan pada bagian kadas. Lakukan 1-2 kali sehari.
Posted in Penyakit Kurap | Tagged , , , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Penyakit Kurap

Penyakit kurap atau dermatofitosis disebabkan oleh tiga genus dan penyakit yang ditimbulkannya sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya sehingga sistematika dermatofitosis adalah trikofitosis yang disebabkan Trikofiton. Mikrosporosis disebabkan oleh genus Mikrosporon dan Epidermofitosis disebabkan oleh Epidermofiton. Diagnosis etiologic ini sangat sukar karena harus menunggu hasil biakan jamur dan memerlukan waktu yang agak lama, serta tidak praktis. Di samping itu, sering satu gambaran klinik dapat disebabkan oleh beberapa jenis spesies jamur, dan kadang-kadang satu gambaran klinik dapat disebabkan oleh beberapa spesies dermatofita, sesuai dengan lokasi tubuh yang diserang. Oleh karena itu, diagnosis etiologic ini kurang praktis dipakai dalam klinik.

Pada umumnya gejala penyakit kurap  pada kulit memberikan morfologi yang kha yaitu bercak-bercak yang berbatas tegas disertai efloresensi-efloresesnsi yang lain sehingga member kelainan yang polimorf dengan bagian tepi yang aktif serta terbatas tegas sedang bagian tengah tampak tenang. Gambaran klinis ini merupakan campuran kerusakan haringan kulit dan reaksi radang yang terjadi pada kulit pejamu. Gejala objektif ini selalu disertai dengan perasaan gatal. Bila kulit yang gatal ini digaruk, papul ata vesikel akan pecah sehingga menimbulkan daerah  yang erosive dan bila mongering jadi krusta dan skuama. Kadang-kadang bentuknya mennyerupai dermatitis (Eczema marginatum), tetapi kadang-kadang pula hanya berupa macula yang hiperpigmentasi saja (tinea korporis) dan bila ada infeksi sekunder menyerupai gejala-gejala pioderma (impetigenisasi).
Terapi dalam penanganan penyakit kurap ini adalah dengan pergi ke doktr. Infeksi yang ringan dapat diobati dengan krim anti jamur. Sedangkan infeksi yang berat atau menyerang kuku dan kulit kepala juga akan perlu obat anti-jamur yang diminum. Karena penyakit ini menular, pisahkan bantal, handuk, dan sisir anak yang terinfeksi dari anggota keluarga lainnya. Bentuk dari penyakit kurap ini adalah bundar, berwarna merah atau abu-abu, bersisik, dan cenderung sembuh dan menghilang dari bagian tengah. Masalah penyakit kurap ini biasanya merupakan akibat dari lingkungan dan kebiasaan yang tidak sehat, seperti kebersihan badan dan pakaian yang kurang diperhatikan. Gejala-gejala yang dirasakan dari penyakit kurap ini adalah timbul bintik-bintik yang disertai perubahan warna kulit, yakni menjadi agar kemerahan. Gejala penyakit kurap tersebut jika digaruk akan terasa pedih dan gatal. Olesan cuka sari apel dengan jari Anda pada daerah yang terkena penyakit kurap sebayak 6 kali sehari untuk mengobati malah penyakit kurap. Karena sari cuka sari apel bersifat antiseptic, dan hal ini akan membantu Anda dalam mengobati penyakit kurap dan membuat Anda akan menyukainya.
Posted in Penyakit Kurap | Tagged , , , , , , , , , , , , | Leave a comment

Penyakit Kurap dan Obatnya

Kurap adalah penyakit gatal-gatal yang biasa menyerang kulit badan, kulit kepala, kulit anggota gerak. Kurap disebabkan oleh kutu.
Resep 1
- 1 genggam daun ketepeng cina seger
- 1 sendok makan tawas atau kapur sirih
Pemakaian
Lumatkan daun ketepeng cina yang ditambahkan sedikit tawas atau kapur sirih, kemudian gosokkan kuat-kuat pada kulit yang sakit. Lakukan pengobatan ini 2 kali sehari.
Resep 2
- Daun kelor secukupnya
- Kapur sirih secukupnya
Pemakaian
Tumbuk daun kelor bersama kapur sirih, kemudian oelskan pad akurap.
Posted in Penyakit Kurap | Tagged , , , , , , , , | Leave a comment

Pencegahan Penyakit Kurap

Penyakit kurap adalah infeksi kulit yang sebabkan oleh jamur (dermatophytes) dan dapat menyerang di badan, kulit kepala, kaki dan juga kuku. Gejala kurap yang paling sering terjadi adalah kulit terasa gatal, merah dan bersisik. Namun bila menyerang kuku maka gejala yang dapat terjadi adalah kuku anda akan berubah warna, terasa tebal dan menyebabkan kerusakan kuku. Penyakit kurap merupakan penyakit menular, penularan utama penyakit kurap adalah melalui kontak langsung baik pada penderita penyakit ini maupun tempat yang tersentuh oleh penderita sehingga bibit penyakit (jamur) menempel pada tempat tersebut.
Untuk mencegah Anda tertular penyakit kurap ini berikut sedikit tips yang dapat Anda ikuti :
- Bersihkan tangan dan kaki termasuk bagian kuku tangan dan kaki.
- Jaga lingkungan agar selalu bersih terutama kamar mandi sebab tempat yang lembab merupakan awal dari penyakit ini.
- Jangan biarkan topi, selimut, sisir atau jaket anda dipinjam oleh orang lain
- Selalu jaga kebersihan pakaian anda. Penggunaan detergen dan air hangat untuk mencuci akan sangat berguna untuk membunuh jamur
Ramuan untuk mengobati penyakit kurap adalah :
1. Ramuan Pertama
Bahan-Bahan :
- Kunyit sebesar ibu jari
- Kapur sirih secukupnya
Cara Pemakaian :
- Kunyit diparut hingga halus
- Lalu dicampur dengan kapur sirih
- Kemudian oleskan pada kurap
- Lakukan 2 kali sehari setelah mandi
2. Ramuan Kedua
Bahan-Bahan :
- Daun tembakau secukupnya
Cara Pemakaian :
- Daun tembakau ditumbuk halus
- Kemudian dioleskan pada kulit yang terkena kurap
- Lakukan secara teratur 1-2 kali sehari.
3. Ramuan Ketiga
Bahan-Bahan :
- Daun mimba secukupnya
Cara Pemakaian :
- Cuci bersih daun mimba
- Lalu memarkan hingga halus.
- Balurkan di bagian yang terkena penyakit tersebut
Posted in Penyakit Kurap | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Obat Kurap

Kurap sangat cepat menyebar. Jika tidak segera ditangani bisa menjalar kebagian kulit yang lain atau bahkan menular ke orang lain. Daerah yang biasanya terkena kurap adalah daerah-daerah yang lembab dan banyak berkeringat. Jika wajah Anda termasuk tipologi wajah yang suka berkeringat, sebaiknya Anda harus waspada. Umumnya kurap ditandai dengan rasa gatal, nyaman jika digaruk dan akhirnya kulit menjadi lecet. Kemudian muncul bintik-bintik berwarna merah dan permukaan kulit menjadi kasar.
Jamur dermatofita merupakan penyebab penyakit kurap. Habitat atau tempat hidup jamur ini antara lain :
- Tanah
- Tubuh binatang
- Tubuh manusia
Jika menyerang di sekitar organ intim, jamur ini hanya akan hinggap di bagian luar, enggan memasuki daerah dalam vagina, penis, dan scrotum. Daerah yang sering menjadi tempat timbulnya kurap antara lain di sekitar lipatan paha, bokong, dan kulit yang berrambut
Untuk mengobati kurap digunakan bahan-bahan yang sifatya sebagai berikut:
1. Bersifat antiseptika (mencegah infeksi), misalnya :
- Perubalsem           – Jodium           – Asam salisilat
- Seng oksida           – Rivanol
- Vioform                 – Iodoform
2. Bahan-bahan yang mampu melindungi kulit yang luka atau yang sakit (bersifat protektiva), misalnya :
- Talk
- Bolus Alba
3. Bahan-bahan yang mampu menghaluskan dan melemaskan kulit (bersifat emolien), misalnya :
- Vaselin
- Parafin
- Gliserin
4. Bahan-bahan yang dapat mengurangi rasa gatal
- Bahan-bahan yang cepat menguap sehingga terjadi pendinginan setempat, misalnya : kamfer, menthol
- Bahan-bahan yang dapat menahan rasa sakit setempat, misalnya phenol, anaesthesin.
5. Bahan-bahan yang mempunyai pekerjaan khusus, misalnya :
- Asam salisilat
- Asam undelinat
Obat-obat tersebut diatas dapat dipakai pada kulit sebagai obat kompres, pasta, salep, lotion maupun liniment
Posted in Penyakit Kurap | Tagged , , , , , , , , , | Leave a comment

Pengobatan Kurap

Kurap disebabkan jamur yang tumbuh di permukaan kulit. Biasanya merupakan akibat lingkungan dan kebiasaan yang tidak sehat, seperti kebersihan badan dan pakaian yang kurang diperhatikan.
Gejala-gejala yang biasa ditimbulkan, yaitu :
- Kulit terasa gatal
- Timbul bintik-bintik
- Perubahan warna kulit menjadi agak kemerahan
Kurap dapat menular melalui sentuhan secara langsung, pakaian, handuk atau sapu tangan yang dipakai bersama-sama.
Kurap sulit untuk di cegah. Jamur yang menyebabkan kurap adalah umum dan menular bahkan sebelum gejala muncul. Namun, resiko penyakit kurap dapat dikurangi dengan mengambil langkah-langkah ini :
- Sadar akan resiko terinfeksi kurap dari orang atau binatang peliharaan
- Cuci tangan sesering mungkin untuk menghindari penyebaran infeksi
- Jangan memakai pakaian tebal untuk jangka waktu yang lama dalam keadaan hangat dan lembab
- Hindari keringat berlebihan
- Hindari hewan yang terinfeksi
- Jangan berbagi barang pribadi dengan orang lain, seperti pakaian, handuk, sisir atau barang pribadi lainnya
Pengobatan Kurap
1. Ramuan Pertama
Bahan-Bahan :
- 1 siung bawang putih
- Daun ketepeng china secukupnya
- Laos secukupnya
Cara Pemakaian :
- Semua bahan dicuci bersih, kemudian dihaluskan
- Lalu oleskan secara teratur pada kulit yang sakit setelah mandi
2. Ramuan Kedua
Bahan-Bahan :
- 2 siung bawang putih
Cara Pemakaian :
- Campur 2 siung gerusan bawang putih dengan minyak dari 3 kapsul vitamin E
- Usapkan pada kurap
- Lakukan 3 kali sehari
3. Resep Ketiga
Bahan-Bahan :
- Daun kelor secukupnya
- Kapur sirih secukupnya
Cara Pemakaian :
- Tumbuk daun kelor bersama kapur sirih
- Kemudian oleskan pada kurap
- Lakukan 3 kali sehari

Tidak ada komentar: penyakit kurap atau kadas dan cara mengobatinya

Blog Archive