loading...
Direktori Belajar Ilmu -
IDENTIFIKASI TEMA SEMESTER 1
TK
NO | TEMA | SUB TEMA | SPESIFIKASI TEMA | ALOKASI WAKTU |
1 | Aku Anak Sehat | Aku | Identitas diri ( misal nama; nama, jenis kelamin, nama ayah, nama ibu, alamat rumah) | 1 Mggu |
Anggota tubuh ( Kepala, tangan, kaki) | ||||
Ciri-ciri tubuh ( warna kulit, macam rambut, bentuk badan) | ||||
Tempat Tinggalku | Aku tinggal di….. | 1Mggu | ||
Jarak tempat tinggalku dengan sekolahku | ||||
Sejak kapan aku tinggal | ||||
Dengan siapa aku tinggal | ||||
Kesukaanku | Makanan Favorit | 1 Mggu | ||
Warna yang paling disukai | ||||
Permainan | ||||
Kegiatan yang disenangi | ||||
Panca Indra | Alat/macam indra ( mata,telinga, hidung, kulit, lidah) | 1 Mggu | ||
Fungsi alat indra ( mata untuk melihat dll) | ||||
Macam-macam rasa (pahit, manis, asin, asam) | ||||
Macam-macam perabaan ( kasar, halus, tajam, panas, dingin) | ||||
Macam-macam pembauan ( wangi, amis, busuk) | ||||
Macam-macam suara ( keras, lembut, nyaring, melengking) | ||||
Macam-macam penglihatan ( jelas, buram, jauh, dekat, silau, gelap, terang, samar) | ||||
2 | Lingkungan dan sekitarnya | Keluargaku | Anggota keluargaku (ayah, ibu, kakak, adik kakek, nenek) | 1 Mggu |
Fungsi anggota keluarga( Ayah mencari nafkah) | ||||
Kebiasaan dalam keluarga ( saya menyapu, ibu memasak) | ||||
Tata tertib dalam keluarga ( sebelum pergi pamit dulu) | ||||
Rumah | Guna rumah ( untuk berteduh,melindungi diri dari panas dan hujan, tempat beristirahat, tempat berkumpul keluarga) | 1 Mggu | ||
Macam rumah dilihat dari bahan pembuatannya (di buat dari kayu, bambu, ijuk) | ||||
Jenis-jenis rumah ( rumah tinggal, rumah adat,kantor, istana, tempat ibadah,tempat berobat,rumah untuk binatang.) | ||||
Bagian –bagian rumah ( pintu, jendela, atap, ruang tamu, garasi, kamar mandi,ruang tidur,dapur ) | ||||
Alat-alat danperkakas di dalam rumah (kursi,meja, tempat tidur,kasur,taplak meja, pisau, sendok) | ||||
Lingkungan rumah (kebun, halaman, warung, tetangga) | ||||
Sekolah | Kegunaan sekolah (di TK tempat belajar dan bermain ) | 1 Mggu | ||
Gedung sekolah (kantor, kelas, ruang guru, ruang bermain, kamar mandi, perpustakaan, dapur dan gudang ) | ||||
Halaman sekolah ( pagar, tanaman, binatang peliaraan, alat permainan ) | ||||
Orang-orang yang ada di sekolahan ( kepala sekolah, guru, murid, penjaga,tenaga,tenaga tata usaha) | ||||
Alat- alat yang ada disekolah ( alat permainan,perabot sekolah, obat-obatan) | ||||
Tata tertib di sekolah ( berdoa sebelum makan,berbaris, bermain bergantian ) | ||||
Lingkungan sekolah ( orang dan kegiatan yang ada di sekolah ) | ||||
3 | Kebutuhan Hidup | Makanan dan minuman | Manfaat makanandan minuman (untuk menghilangkan lapar dan haus, untuk kesehatan ) | 1 Mggu |
Jenis makanan dan minuman (4 sehat 5 sempurna ) | ||||
Asal makanan dan minuman (padi, beras, nasi ) | ||||
Tata tertib makan dan minum ( duduk dengan rapi ) | ||||
Alat makan dan minum ( piring, gelas, sendok ) | ||||
Tata cara menyajikan makan dab minum ( di meja makan ) | ||||
Pakaian | Manfaat pakaian (untuk kesehatan, keindahan, | 1 Mggu | ||
Cara memakai pakaian ( yang benar dan yang salah ) | ||||
Jenis- jenis pakaian (Baju,celana ,singlet, kemeja ) | ||||
Penggunaan pakaian sesuai situasi,kebutuhan, iklim ( jika sekolah memakai seragam, jika sakit memakai baju hangat ) | ||||
Pakain daerah (baju bodo, kebaya , baju kurung ) | ||||
Kebersihan kesehatan dan keamanan | Manfaat kesehatan dan kebersihan (menghindari penyakit ) | 1 Mggu | ||
Cara memelihara kesehatan dan kebersihan diri (mandi, gosok gigi, berpakaian, ) | ||||
Cara memelihara kesehatan dan kebersihan lingkungan ( lingkungan rumah, sekolah ) | ||||
Alat alat kebersihan ( sapu, lap ) | ||||
Akibat hidup tidak bersih dan sehat ( sakit ) | ||||
Macam-macam penyakit yang ditimbulkan akibat karena tidak menjaga kesehatan dan kebersihan ( diare, cacingan, sakit kulit dll) | ||||
Cara mencegah bahaya yang disebabkan oleh benda-benda dan obat – obatan tertentu (korek api, pisau, racun, paku, pecahan kaca dll) | ||||
4 | Flora dan keindahan | Pohon Mangga | Yang Menciptakan Tuhan | 1 Mggu |
Cara Menanam pohon mangga | ||||
Cara memelihara pohon mangga | ||||
Bagian-bagian pohon mangga | ||||
Rasanya buah mangga | ||||
Gunanya buah mangga | ||||
Siapa yang menjual | ||||
Dimana menjualnya | ||||
Pohon Jambu | Yang Menciptakan Tuhan | 1 Mggu | ||
Cara Menanam pohon jambu | ||||
Cara memelihara pohon jambu | ||||
Bagian-bagian pohon jambu | ||||
Rasanya buah jambu | ||||
Siapa yang menjual | ||||
Dimana menjualnya | ||||
Bunga | Gunanya buah mangga | 1 Mggu | ||
Cara Menanam Bunga | ||||
Cara merawat bunga | ||||
Bagian-bagian dari bunga | ||||
Gunanya bunga | ||||
Siapa yang menjual | ||||
Dimana menjualnya | ||||
Tanaman Perdu | Yang menciptakan bunga adalah Tuhan | 1 Mggu | ||
Cara Menanam | ||||
Cara merawat | ||||
Bagian-bagian tanaman perdu | ||||
Gunanya | ||||
5 | Fauna dan kehidupannya. | Binatang yang hidup di darat | Diciptakan oleh Tuhan | 1 Mggu |
Jenis makanannya | ||||
Perkembangbiakannya | ||||
Bahayanya binatang | ||||
Ciri-ciri binatang | ||||
Kegunaan binatang | ||||
Cara memelihara binatang | ||||
Binatang yang hidup di Air | Diciptakan oleh Tuhan | 1 Mggu | ||
Jenis makanannya | ||||
Perkembangbiakannya | ||||
Bahayanya binatang | ||||
Ciri-ciri binatang | ||||
Kegunaan binatang | ||||
Cara memelihara binatang | ||||
Binatang yang hidup di udara | Diciptakan oleh Tuhan | 1 Mggu | ||
Jenis makanannya | ||||
Perkembangbiakannya | ||||
Bahayanya binatang | ||||
Ciri-ciri binatang | ||||
Kegunaan binatang | ||||
Cara memelihara binatang |
IDENTIFIKASI TEMA SEMESTER 2
TK
NO | TEMA | SUB TEMA | SPESIFIKASI TEMA | ALOKASI WAKTU |
1 | Profesi dan Hasil Karyanya. | Macam – macam Pekerjaan | Guru, dokter, polisi, sopir, Pak pos dll. | 3 Mggu |
Tugas – tugas/ pekerjaan dari macam-macam pekerjaan | Pak pos tugasnya mengantar surat | |||
Dokter menolong orang sakit | ||||
Petani Menanam padi, sayuran dll. | ||||
Tempat Bekerja | Guru di Sekolah | |||
Dokter di rumah sakit | ||||
Alat – alat perlengkapan yang dipakai bekerja | Dokter ; thermometer, stetoskop, jarum suntik dll | |||
2 | Tamasya | Kendaraan | Macam – macam Kendaraan | 3 Mggu |
Kendaraan darat (mobil, sepeda truk dll) | ||||
Kendaraan Laut ( Kapal, perahu ) | ||||
Kendaraan Udara ( Pesawat terbang, balon udara dll.) | ||||
Guna Kendaraan ( alat pengangkutan orang dan barang ) | ||||
Nama pengendara/pengemudi ( pilot untuk pesawat, masinis untuk kereta api dll.) | ||||
Tempat pemberhentian dan pemberangkatan kendaraan ( stasiun, bandara, terminal, pelabuhan) | ||||
Dengan apa saja kendaraan dapat bergerak ( mesin, bensin, ditarik kuda) | ||||
Bagian – bagian dari kendaraan ( roda, kemudi, bagasi dll.) | ||||
Rekreasi | Kegunaaan rekreasi | |||
Tempat – tempat rekreasi | ||||
Perlengkapan rekreasi | ||||
Tata tertib rekreasi ( tidak boleh mencoret – coret ) | ||||
3 | Media Komunikasi dan tehnologi | Macam – macam alat komunikasi | ( radio, telpon, televisi, Koran, majalah, dll.) | 2 Mggu |
Guna alat Komunikasi | Radio untuk mendengarkan berita | |||
Bentuk fisik alat – alat komunikasi | Bentuk fisik alat – alat komunikasi | |||
Cara mempergunakan alat – alat komunikasi | Televisi dilihat | |||
Radio di dengar, dll | ||||
Macam –macam benda pos | Perangko, amplop, dll. | |||
4 | Negaraku Tercinta | Tanah Airku | Nama negaraku; Indonesia | 3 Mggu |
Lambang negaraku; Burung garuda | ||||
Kota tempat tinggal kita | ||||
Bendera Negara ( merah putih ) | ||||
Lagu kebangsaan ( Indonesia raya ) | ||||
Presiden dan wakil presiden | ||||
Lagu-lagu wajib yang mudah di hafalan | ||||
Macam-macam suku bangsa yang ada di Indonesia yang paling dekat dengan anak | ||||
Pahlawan yang paling di kenal di daerah tersebut | ||||
Pulau-pulau yang ada di indonesia | ||||
Bangsa lain yang tinggal di indonesia | ||||
Hari-hari besar nasional | ||||
Kota tempat tinggalku | ||||
Kehidupan di kota, desa, pesisir dan pegunungan | Keadaan lingkungan kota, desa, pesisir dan pegunungan | |||
Tata cara kehidupan/kebiasaan di kota, desa, pesisir dan pegunungan | ||||
Macam – macam mata pencaharian di kota, desa, pesisir dan pegunungan | ||||
5 | Alam Semesta | Matahari, Bulan, Bintang dan Bumi | Kegunaan Matahari, Bulan, Bintang dan Bintang | 3 Mggu |
Yang menciptakan matahari, Bulan, Bintang, dan bumi | ||||
Kapan dapat dilihat ( misal ; bila malam, siang, tidak hujan) | ||||
Gejala Alam | Macam – macam gejala alam, yaitu siang dan malam, banjir, gunung meletus, gempa bumi, tanah longsor, angin puyuh, halilintar/petir, ombak, pelangi | |||
Sebab terjadinya gejala-gejala alam | ||||
Pemeliharaan lingkungan supaya tidak terjadi gejala alam yang merugikan | ||||
6 | Sumber kehidupanku | Air | Guna/manfaat air ( diminum, untuk masak, mandi) | 3 Mggu |
Bahaya air ( banjir, kekurangan air, air limbah) | ||||
Asal Air ( dari sumur, tanah, gunung, hujan) | ||||
Sifat Air ( jernih/keruh, tidak berwarna, tidak berbau dll.) | ||||
Udara | Kegunaan Udara (untuk bernafas) | |||
Angin | ||||
Api | Sumber-sumber Api ( matahari, batubara, korek api, listrik) | |||
Warna-warna Api (merah) | ||||
Sifat-sifat Api (panas) | ||||
Kegunaan Api ( untuk masak, penerangna, penghangat, penggerak atau sumber energy) | ||||
Bahaya yang ditimbulkan ( terbakar, kebakaran, tersengat listrik) | ||||
Arang, Bara, Asap, Abu |
Tidak ada komentar: IDENTIFIKASI TEMA, SUB THEMA DAN THEMA SPESIFIK
Posting Komentar