KARANGAN NARASI, DESKRIPSI, ARGUMENTASI, PERSUASI DAN EKSPOSISI

Tidak ada komentar
loading...
Direktori Belajar Ilmu -

CONTOH KARANGAN NARASI SISWA:

v  KARANGAN NARASI
Adalah bentuk karangan mengenai peristiwa atau kejadian dan terlibat tokohnya.
Contohnya :
-        Karangan Non fiksi
Adalah karangan Menceritakan peristiwa yang terjadi
http://lh6.googleusercontent.com/-n5QITl2az1I/AAAAAAAAAAI/AAAAAAAAAFA/a4Eja6SrRg8/s512-c/photo.jpg


-        Karangan Fiksi
Adalah karangan Menceritakan suatu peristiwa yang disusun menjadi karya sastra
Contoh : Cerpen, Novel
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ_4WY4UXTqg7pFpIwqB2X7xrvNsR9DL83EtsPAKo_iZyy-WOvmRdXpomvr4EdHClk-4niYTmAzuq9gWb1khXo0y6EHTeuypooY3umGdXscoKmNNVMgjfDpCVH9fEgwEkg0DG-gcK03XW3/s1600/CIMG3211.JPG
Cerpen




Sebuah Pengalaman yang Mengesankan

Ketika  bangun  pada hari  Senin  pagi, aku  sangat terkejut  karena   melihatjam di kamar telah  menunjukkan  pukul  06.30 WIB. Aku  langsung  bangun  dan  menuju  ke kamar  mandi. Sampai  di  kamar  mandi  tiba-tiba aku  terpeleset dan hampir saja mencederaiku.
Setelah mandi, aku berpakaian sekolah, sarapan pagi lalu berangkat sekolah dengan menggunakan sepeda motor. Sesampainya di sekolah kulihat tasku untuk mengambil topi. Betapa terkejutnya aku, ternyata topiku tidak ada di dalam tas. Karena hari itu hari senin (ada upacara bendera) aku pulang ke rumah untuk mengambil topi. Selesai mengambil topi aku kembali lagi ke sekolah dengan menaiki sepeda motor. Tiba-tiba di jalan motorku mogok, setelah diperiksa ternyata bensinnya habis. Terpaksa kudorong motor untuk mencari tempat penjualan bensin eceran. Untunglah tempat penjualan bensin itu tidak jauh. Aku membeli satu liter bensin dan langsung tancap gas menuju ke sekolah.
Setibanya di sekolah ternyata murid-murid sudah berkumpul di lapangan. Upacara hampir saja dimulai. Aku pun tergesa-gesa berlari menuju ke lapangan upacara. Ketika upacara dimulai kepala sekolah langsung memberi pengarahan tentang tata tertib sekolah. Tiba-tiba datanglah seorang guru untuk memeriksa kerapian murid-muridnya, dan sialnya rambutku dinilai panjang oleh guru. Dengan leluasa serta tak kuasa kumenolak gunting yang ada digengaman guru mencabik-cabik rambutku.
Dengan rambutku yang tak karuan, aku langsung masuk ke kelas untuk mengikuti pelajaran. Rupaya pelajaran tersebut mempunyai pekerjaan rumah (PR) dan aku lupa mengerjakan tugas tersebut lalu dihukum oleh guru untuk membuat tugas itu sebanyak tiga kali.
Aku langsung mengerjakan tugas itu. Sebelum aku mengerjakannya jam pelajaran pun habis lalu aku disuruh menulis beberapa kali lipat lagi oleh guru. Ketika sedang mengerjakan tugas itu, teman-teman ribut di kelas karena jam pelajarannya kosong. Dengan senangnya teman-teman pun bermain di kelas sehingga aku pun merasa terganggu. Aku menegurnya supaya tidak ribut lagi, ternyata mereka tidak senang dan tidak terima atas teguranku. Temanku tadi langsung merobek tugas yang sedang kubuat. Aku merasa kesal dan tanpa basa-basi lagi aku langsung menghajarnya sehingga terjadilah perkelahian. Kemudian kami dipanggil wali kelas ke kantor untuk menyelesaikan masalah tersebut. Aku ceritakan masalah tersebut dan kami pun disuruh untuk bermaaf-maafan. Setelah itu kami disuruh untuk melupakan masalah tersebut, akhirnya lonceng pun berbunyi menandakan pulang sekolah. Kami pun langsung pulang ke rumah. Setibanya di rumah aku merasa senang karena permasalahan tersebut telah selesai. Aku bercerita tentang kejadian-kejadian yang aku alami di sekolah tadi dengan orang tuaku. Orang tuaku pun menasehati agar selalu mengerjakan tugas tersebut dan mentaati peraturan tata tertib yang ada di sekolah.








Contoh Karangan Deskripsi
v  KARANGAN DESKRIPSI
Adalah bentuk karangan yang isinya mengenai suatu objek sehingga pembaca dapat merasakannya.
Contohnya :
-          Mengenai benda : yaitu cerita Batu Gantung
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhe6REvWU4Bwzz7XrG6dPwh6qpxxmm87s5qfQJ9Cw7bQVzKOvZ36ZrBRrOWRuMe3Ld8-lrlukDpHehEk3P4Bm70juyhVs7tHBPUegLotm82MTsrKmxy_xT5ECSI0NeATzoCkbgnkvgrOs4/s1600/batu-gantung-toba.jpg
Cerita Batu Gantung

RUANG KELAS WINA

         Wina membuka pintu kelasnya perlahan-lahan. Dilihatnya sebuah jendela yang terbuka. Di bawah jendela, tampak sebuah meja guru yang memakai tapalak putih. Di atas taplak putih itu ada sebuah vas bunga dari kayu. Vas bunga tersebut bergambar beberapa kuntum bunga matahari seperti bunga yang ada didalamnya. Disebelahnya tergeletak sebuah agenda kelas yang terbuka dan kalender duduk.
Wina lalu memasuki ruang kelasnya dengan langkah yang lambat. Dia memalingkan pandangan ke arah kanan. Tampak satu buah white boardyang bersih tanpa coretan. Di sebelah kiri white boardtersebut, terpasang sebuah tempat spidol berwarna biru muda, serasi dengan dinding yang bercatut biru tua. Dan disebelah kanan white board terpasang satu papan madding yang penuh tulisan-tulisan karya siswa.
Wina memutar pandanganya ke belakang kelas. Ada sebuah pribahasa berbahasa inggris yang berwarna kuning bertuliskan ‘practice make perpect’ dibawahnya terpasang sebuah system periodik unsur-unsur di kiri kananya juga terpasng sebuah denah duduk dan daftar kelompok belajar.
Selain itu, ditatapnya dinding kiri kelas. Di sana terpasang struktur organigram dan sebuah daftar regu kerja dari karton berwarna kuning. Struktur organigram dan daftar regu kerja tersebut ditutupi oleh plastic bening.
Wina berpaling kedinding kanan. Disana tergantung daftar pelajaran berwarna kuning. Daftar pelajaran itu disusun tak berurutan, hurf-hurufnya pun dari guntingan majalah. Meski tampak tidak rapi,namun cukup bagus dan menarik.
Wina menyusuri deretan bangku kosong didepanya. Tak usah dihitung lagi karena pasti ada 40 meja dan 80 kursi. Dan tanpa kata wina berjalan kebangkunya sendiri,dan duduk manis disana.
Contoh Karangan Argumentasi

v  KARANGAN ARGUMENTASI
Adalah jenis karangan yang isinya berupa pendapat – pendapat tetapi didukung dengan data – data grafik apabila digunakan.

Judul: Maraknya Facebook di Indonesia

    Facebook, tak asing lagi rasanya mendengar kata itu. Tentu saja, bagaimana tidak? Sudah lama sekali Facebook masuk dalam kehidupan di bumi ini. Facebook secara cepat dapat menggantikan posisi Friendster. Hampir sebagian besar pengguna Friendster (Fs) saat ini berganti dan beralih ke Facebook (FB). Ada apa gerangan dengan semua ini?

        Facebook merupakan sebuah website yang berbasis jaringan sosial. Menurut pengamatan, ternyata FB memberikan fasilitas yang cukup banyak bagi penggunanya. Di samping fasilitas yang didapat, pengguna diberi kemudahan dalam mengakses, dan kemudahan chating secara online dengan teman.

         Di Indonesia, sekarang ini sedang heboh – hebohnya mengenai Facebook. Tak hanya kalangan remaja saja, anak SD bahkan orang tua pun tak sedikit yang gila facebook. Begitu cepatnya Facebook menarik perhatian masyarakat. Bahkan, sekarang ini, tak punya Facebook bisa dibilang tidak gaul.

       Menurut saya, Facebook memiliki dampak positif dan negatif dalam kehidupan. Positifnya, facebook merupakan salah satu sarana untuk mengetahui dan mempelajari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, membuat kita tidak “gaptek” isttilahnya.

      Namun dilihat dari sisi negatifnya, bagi saya facebook lebih banyak merugikan. Bagaimana tidak? Sebagai seorang pelajar, yang tentunya mempunyai kewajiban untuk belajar, Facebook sangat mengganggu terhadap pelajaran saya, baik waktu maupun konsentrasi untuk belajar. Hampir setiap hari orang-orang buka facebook, hanya sekedar update status ataupun chatingan, dan banyak lagi. Dan itu hanya buang-buang waktu saja, padahal masih banyak yang lebih penting yang harus dikerjakan. Namun entah kenapa, facebook seakan menyihir para penggunanya. Siapa sih sekarang yang tidak tahu Facebook?

       Belakangan ini, di masyarakat banyak kasus yang terjadi akibat Facebook. Contohnya saja, kasus anak-anak perempuan yang di culik, akibat berkenalan dengan orang asing di facebook. Ada pula yang melakukan penipuan melalui Facebook. Status Facebook yang mungkinkata-katanya tidak tepat saja, bias menjadi masalah. Jadi sebenarnya Facebook itu penting atu tidak ?


v  Contoh karangan Persuasi KARANGAN PERSUASI
Adalah jenis karangan yang isinya lebih banyak mempengaruhi psikolog dari pembaca atau pendengar dan bahasa 7 digunakan untuk kampanye.

Sehat Karna Air Putih
Buah hati kami, Ananda Dany Rifky Firdaus (2,5 tahun), bisa dipanggil rifky. Ia lahir melalui proses cesar. Sejak usia dua minggu, ia sering sakit-sakitan. Bilirubinnya tinggi, mencapai 24,0, sehingga harus dirawat inap dirumah sakit. Untuk mengisi kekurangan cairan tubuhnya, selama diopname itu, ia mesti minum susu formula.” Saya sendiri hanya mampu memberi ASI sampai usianya 5 bulan. Setelah satu minggu dirumah sakit dan satu bulan berobat jalan, bilirubinnya normal kembali hingga 0,1,” kata ibunya.
Di usia 9 bulan ia sakit lagi. Dokter mendiaknosis ia terkena infeksi saluran kencing. Berulang-ulang ia harus menjalani tes urin. Untunglah dua bulan kemudian hasil tes itu negatif , yang berarti kondisinya membaik.
Ketika usia enam belas bulan ia kembali terkena infeksi saluran kencing, setiap kali hasil tes urin positif, ia harus minum obat antibiotika, hingga lima kali tes urin. Pada tes ke-6, syukurlah hasilnya sudah negatif. Saat tiga bulan kemudian ia dites ulang hasilnya benar-benar negatif.
Selain itu, Rifky juga pernah diopname selama satu minggu,karena pneumonia. Panas badannya meninggkat dan daya tahan tubuhnya pun melemah. Menurut dokter ia kemungkinan tertular virus itu deirumah sakit.
“Jangan pernah membawa anak kerumah sakit, kecuali dalam keadaan sakit, karena disana terdapat berjuta-juta virus dan kuman,” begitu pesan dokter. Pesan itu selalu saya ingat, tapi tentu sulit menghindari Rifky dari rumah sakit karena ia juga bolak-balik sakit.
Walaupun sering sakit, tubuh Rifky tetap gemuk dan perkembangannya normal.”Kami tentu tak ingin ia terus-menerus berurusan dengan obat, apalagi antibiotika. Karena itu kami berusaha keras menjaga kesehatannya, salah satunya dengan memberinya banyak minuman air putih dalam kemasan,” kata ibunya.
“Sudah hampir satu tahun ia terbiasa minum air putih. Sekali minum ia bisa menghabiskan sebotol air berukuran 600 mililiter. Kalau malam-malam ia terbangun dari tidur, yang dimintai juga air putih. Sejak doyan minum air putih, ia jarang sekali sakit. Mungkin air itu telah mencuci racun tubuhnya. Ia sekarang makin aktif dan suka berenang. Kami berharap ia selalu tumbuh sehat,” kata ibunya lagi.
(Widya Shinta W.S,31 tahun, ibu rumah tangga, ibu satu anak , tinggal di Tangkerang)








v  contoh Karangan Eksposisi KARANGAN EKSPOSISI
Adalah bentuk karangan Menceritakan / Informasi suatu hal kepada pembaca sehingga pendengar dapat merasakannya.

MANFAAT KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
Kegiatan Ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan di luar mata pelajaran dan pelayanan konseling untuk membantupengembangan peserta didik sesuai dengankebutuhan,potensi, bakat, dan minat mereka melalui kegiatanyang secara khususdiselenggarakan oleh pendidik dan atau tenaga kependidikan yang berkemampuan dan berkewenangan di sekolah/madrasah. Biasanya kegiatan ekstrakurikuler diadakan setelahkegiatan belajar mengajar di sekolah selesai ataupun di hari-hari libur. 
Visi kegiatanekstra kurikuler adalah berkembangnya potensi, bakat dan minat secara optimal, sertatumbuhnya kemandirian dankebahagiaan peserta didik yang berguna untuk diri sendiri,keluarga danmasyarakat. 
Menyediakan sejumlah kegiatan yang dapatdipilih oleh peserta didik sesuai dengankebutuhan, ptensi, bakat, dan minatmereka.Menyelenggarakan kegiatan yang memberikan kesempatan peserta didik mengespresikandiri secara bebas melalui kegiatan mandiri dan atau kelompok.Jenis-jenis kegiatan Ekstrakurikuler ada banyak sekali diantaranya:
a.Krida, meliputi Kepramukaan, LatihanDasar Kepemimpinan Siswa (LDKS),PalangMerah Remaja (PMR), PasukanPengibar BenderaPusaka(PASKIBRAKA). 
b.Karya Ilmiah, meliputiKegiatan Ilmiah Remaja (KIR), kegiatanpenguasaankeilmuan dan kemampuan akademik, penelitian.
c.Latihan/lomba keberbakatan/prestasi, meliputi pengembangan bakat olah raga, senidan budaya, cinta alam, jurnaistik, teater, keagamaan.
d.Seminar, lokakarya, dan pameran/bazar, dengan substansi antara lain karir, pendidikan, kesehatan, perlindungan HAM, keagamaan, senibudaya.
Manfaat kegiatan Ekstrakurikuler itu banyak sekali. kita bisa mendapatkan anekailmu yang bermanfaat. Dalam setiap kegiatan ekstra kurikuler yang dipilih tentu ada dasar-dasar ilmunya. Sebut saja Fisika, matematika atau bahasa inggris dimana parasiswa dapat mempelajari tata bahasanya secara baik dan benar. 
Bilakegiatan Ekstrakurikuler berada dibawah bimbingan guru yang tepat, kegiatan ekstra kurikuler  bisa menjadi wadah yangtepat bagi para siswa dalam mengembangkan bakat dan kemampuannya, sebagai contoh membentuk band sekolah, dengan demikian bakatmereka tidak terpendam. 
Melalui ekskul para siswa bisa memupuk jiwa sportif dalamanekaperlombaan (misal: bola basket atau futsal)-baik yangdigelar secara internaldisekolah maupun eksternal dengan sekolah lain. Ekstra kurikuler juga bisa mengajarkananak akan arti organisasi, walaupun dalam skala yang kecil. Disana anak bisa belajar menjadi pemimpin, pengurus, atau bahkan belajar mengemas suatu acara yang menarik dalam sebuah pameran ekskul. Dan banyak lagi hal positif yang dapat diperoleh siswadengan mengikuti kegiatan ekstra kurikuler.Agar kita dapat mengembangkan minat dan bakat kita dalamEkstrakurikuler, kitadapat memilihnya sesuai dengan kemampuan kita agar dapat mengasah kemampuan kita.lalu setelah memilih tentukan target atau titik acuan yang membuat kita termotivasi danantusias untuk mengikuti Ekstrakurikuler tersebut. Jalani Ekstrakurikuler tersebut danterima konsekuensinya dengan hati ikhlas karena ini pilihan kita sehingga kita dapat belajar bertanggung jawab. Jangan lupa pintar-pintar mengatur waktu antara kegiatanakademis dan kegiatan Ekstrakurikuler yang kita jalan

Tidak ada komentar: KARANGAN NARASI, DESKRIPSI, ARGUMENTASI, PERSUASI DAN EKSPOSISI

Blog Archive